Just another WordPress.com site

>

Untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia, saya ucapkan selamat tahun baru hijriyah 1432 H. Semoga ucapan, tulisan, dan gambar yang saya sampaikan lewat blog ini dan juga facebook maupun dunia nyata tidak hanya menjadi gembar-gembor tahunan yang hanya keluar tanpa makna. Apa sih artinya ucapan “selamat”, jika tak dibarengi dengan niat untuk menjadi lebih baik ? bukankah tahun hijriyah berawal berdasarkan hijrahnya kaum muslim mekah ke madinah? ya itu memang benar. Tapi apa hubungannya dengan niat untuk menjadi lebih baik? nahh… oke teman, saya ingin sedikit berbagi tentang ini,,,


Kita mulai dari Hijrah. Bagi yang sudah tahu, biar lebih tahu, yang belum tahu, lanjut, simak ya…

Hijrah (Arab:هِجْرَة) berarti pindah atau migrasi dalam bahasa Indonesia. Hijrah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh para nabi, untuk melepaskan diri dari alam kebatilan (kondisi dimana manusia tidak hidup dengan Kitab Allah). Dalam kitab suci Al-qur’an dikenal istilah: Iman-Hijrah-Jihad, yang berarti bahwa hijrah muncul dan dilakukan karena dorongan Iman atau percaya bahwa kehidupan yang tidak berpedoman kepada Kitab Allah adalah kekafiran, yang akan membawa manusia pada kebinasaan dan kehancuran. [wikipedia]
Menurut yang saya ketahui sendiri, boleh percaya atau tidak, hijrah merupakan perpindahan dari tempat/keadaan/kondisi  yang kurang baik/tidak baik menuju yang lebih baik. Seperti halnya dengan hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat yang hijrah dari kota Mekah (kondisi yang kurang baik saat itu untuk perkembangan Islam) berpindah ke Madinah (kondisi yang lebih baik). Perpindahan biasa yang tanpa didasari dengan niat menjadi lebih baik bukan disebut hijrah, namun hanya sekadar disebut perpindahan saja dari satu titik ke titik lain.
Saya kira itu cukup untuk menjelaskan pengertian hijrah. Lalu apa hubungannya dengan pergantian tahun  baru hijriyah kali ini?
kata kuncinya ada pada “menuju lebih baik”, karena itulah arti dari hijrah. Perpindahan tahun dari 1431 ke 1432 H adalah tidak hanya sekedar dimaknai pertambahan kuantitas waktu yang bertambah berdasarkan aktifitas revolusi bulan terhadap bumi, namun sebaiknya berpindahnya juga diri kita secara emosional dan spiritual menjadi lebih baik terutama dalam meraih ridho Allah. Sehingga kita bisa menjadi lebih baik dan melakukan yang terbaik dalam kebaikan karena Allah.

 “Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya (akan diterima) sebagai hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang hendak dinikahinya, maka ia akan mendapati apa yang ia tuju. (H.R Bukhari & Muslim)

Semoga di tahun 1432 Hijriyah ini, kita bisa benar-benar “hijrah” menuju “tempat” yang lebih baik. Saya yakin, insya-Allah, Allah akan memberikan kekuatan pada hamba-hamba-Nya yang benar-benar berniat untuk ‘hijrah” karena Allah, seperti halnya Allah memberikan kekuatan kepada Nabi dan para sahabatnya hijrah dari Mekah ke Madinna. Amiin.


wallahualam…. ^_^

Comments on: ">Tahun Baru Hijrah – Tidak Hanya Sekadar Pindah Biasa" (2)

  1. >Selamat tahun baru hijriyah 1432 H.

  2. >Belated: selamat tahun baru hijriyah…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: