Just another WordPress.com site

>The Golden Ratio ?

>

Saat asyik-asyik browsing di youtube.com saya gak sengaja nemu the golden ratio. Saat lihat videonya saya kurang mudeng, apa itu the golden ratio, maklum narasi videonya pake bahasa Inggris jadi saya gak begitu paham, tapi saya terusin aja lihatnya…. he_he. ni videonya kalo mau nonton… 

Kalau diartikan secara kasar sih artinya perbandingan emas, tapi apakah itu arti yang dimaksudkan? akhirnya karena rasa ingin tahu, saya cari-cari deh. Setelah saya cari-cari di sana sini akhirnya dapat beberapa info. Dari wikipedia saya dapatkan info berikut :
The golden ratio is an irrational mathematical constant , approximately 1.6180339887 
kalau diterjemahkan pake google translate jadi
Rasio emas adalah irasional matematika konstan , sekitar 1,6180339887

Itu saja belum cukup, saya dapat info dari blog teman, http://prayudi.wordpress.com yang sumbernya dari harun yahya, wikipedia, dan Phi Number. yang intinya kayak gini,
Golden ratio itu diperoleh dari pembagian satu angka dalam deret Fibonacci dengan angka sebelumnya. Sedangkan deret Fibonacci   adalah deret yang terbentuk dengan masing-masing angka dalam deret tersebut merupakan hasil penjumlahan dari dua angka sebelumnya.
Contoh deret Fibonacci itu adalah : 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377…
Sedangkan hasil pembagiannya, bernilai sama setelah angka ke-13 :
233/144 = 1,618
377/233 = 1,618
610/377 = 1,618
987/610 = 1,618..dst
Nilai 1,618 inilah yang dikemudian dikenal dengan Golden Ratio dan kemudian dilambangkan dengan φ (Phi, dan jangan sampai keliru dengan  pi=3.14..).

Terus apa gunanya the golden ratio ? nahh,,, ternyata sangat banyak gunanya angka perbandingan ini, sehingga sampai begitu pentingnya, maka sampai dinamakan golden ratio! itu dugaan saya saja. Beberapa bidang yang telah menggunakan teori ini adalah estetika,  arsitektur, lukisan,  Book design, studi perseptual, musik, seni patung kontemporer, desain industri, dsb. Bahkan alam semesta yang diciptakan Tuhan ini juga menggunakan prinsip golden ratio. Hebaaat… subhanallah…
Jadi Allah menciptakan alam semesta juga dengan ilmu matematika, dalam al-qur’an disebutkan : 

… Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. (QS. Ar Ra’d, 13: 8)

 Sebenarnya masih banyak lagi info tentang the golden ratio yang belum saya ketahui, masih dalam pencarian lebih lanjut. Lain kali InsyaAllah saya akan posting  hal-hal terkait dalam rangka belajar tentang hidup dan kehidupan ini. Saya masih penasaran. Tolong juga pada teman-teman, kalau ada info share juga ya… ^_^ 

Leave a Reply

Tag Cloud

